Mengenal Lebih Dekat Tentang Burung Ciblek

burung ciblek sawah

Burung ciblek atau burung prenjak jawa belakangan ini banyak dibicarakan oleh para kicau mania. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Pasalnya burung yang mempunyai nama latin Prinia Astrogularis ini juga memiliki kicauan yang menjual.

Suara kicauannya yang sering disebut ngebren dan nembak ini juga sering di ikut sertakan dalam perlombaan. Selain itu, suara kicau burung ciblek juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai masteran.

Dari hal inilah banyak kicau mania yang semakin tertarik dengan burung ciblek dan peminatnya juga tidak pernah sepi.

Di pasaran, setidaknya ada dua jenis burung ciblek yang biasa dijual, pertama adalah jenis Prinia Familiaris Familiaris dan kedua adalah Prinia Familiaris Olivaces.

Jenis Burung Ciblek di Pasaran

Kedua jenis ciblek tersebut mungkin akan sangat sulit dibedakan ketika masih anakan, tetapi akan terlihat perbedaannya ketika ia sudah dewasa. Baik dari segi warna bulu dan juga karakter suaranya.

Untuk jenis Prinia Familiaris Familiaris warna bulunya cenderung lebih gelap, memiliki garis putih yang lebih lebar pada sayapnya dan bentuk dada yang terlihat lebih bidang. Karakter suaranya tajam, keras dan tebal dengan bentuk volak terdengar ciikrak… ciikrak yang terkobinasi dengan suara cicitan. Penyebarannya sendiri berada di Jawa Timur, Jawa Barat dan juga Pulau Bali.

Sementara untuk jenis Prinia Familiaris Olivaces warna bulunya terlihat lebih terang, garis putih pada sayapnya terlihat lebih pendek dan kecil, bentuk dada tidak terlalu bidang serta tubuhnya ramping. Burung jantan memiliki bulu dada yang berwarna hitam tipis samar-samar. Karakter suaranya tipis dan tidak terlalu keras serta tidak membentuk vokal. Penyebarannya sendiri berada di Jawa Tengah, Jawa Barat dan juga Sumatera.

Habitat Asli Burung Ciblek

Burung ciblek adalah jenis burung yang hidupnya secara berkelompok. Habitat aslinya di alam liar adalah area persawahan, ladang, kebun, pinggiran hutan serta di sekitaran rumah penduduk. Ia biasa hidup di atas ketinggian 1000 mdpl.

Makanan burung ciblek yang paling digemarinya adalah serangga seperti telur semut (kroto) ulat daun, telur kupu-kupu, rayap dan serangga lainnya.

Musim kawin burung ciblek tidak begitu bisa dipastikan, tapi burung ciblek biasanya memasuki musim kawin ketika hendak musim hujan. Dalam sekali bertelur, burung ciblek betina dapat menghasilkan 2 sampai 3 butir telur.

Ciri Burung Ciblek Berkualitas

Pada dasarnya burung ciblek yang memiliki kualitas baik ditandai dengan rajin berkicau. Tapi hal itu belum cukup, sebab ada beberapa burung ciblek yang rajin berkicau ketika di rumah tapi diam ketika dibawa ke area perlombaan.

Adapun ciri suara burung ciblek yang berkualitas adalah memiliki volume suara yang besar, tajam, keras, tebal dan juga cepat. Hal tersebut sangat tidak mungkin di dapatkan oleh burung ciblek yang masih bakalan atau baru di tangkat di hutan.

Adapun ciri burung ciblek yang memiliki kualitas suara yang baik biasanya di tandai dengan bentuk paruh yang panjang dan tidak terlalu tebal. Sementara burung ciblek yang paruhnya pendek dan tipis biasanya memiliki kualitas kicau yang kurang baik.

Tips Perawatan Burung Ciblek

Untuk mendapatkan suara burung ciblek yang rajin bunyi, setidaknya Anda harus melakukan perawatan dibawah ini.

  1. Buka kerodong kandang ciblek setiap subuh atau sekitar jam 05:00 pagi,
  2. Setelah itu embunkan burung dengan cara di gantang diluar rumah,
  3. Setelah sekitar jam 07:00 berikan makan burung ciblek dengan Exstra Fooding (FE) berupa jangkrik ukuran kecil sebanyak 2 sampai dengan 3 ekor, ulat hongkong 2 sampai 4 ekor dan kroto setengah sendok teh,
  4. Setelah selesai makan, mandikan burung ciblek dengan semprotan air seperti air hujan,
  5. Setelah mandi, jemur burung ciblek sampai dengan jam 09:00,
  6. Lanjutkan dengan menggantangkannya ditempat yang sejuk,
  7. Berikan lagi makan burung ciblek pada sore hari dengan porsi yang sama seperti di pagi hari,
  8. Kerodong burung ciblek pada pukul 17:00 sampai esok hari dan kembali lagi ke tahap awal.

Itu dia tentang burung ciblek. Semoga apa yang telah di sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.